Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Kamis, 07 Mei 2015

TIPS & TRIK ; Faktor Penyebab Umur Aki Berkurang

TIPS & TRIK ; Faktor Penyebab Umur Aki Berkurang



Umur aki terasa pendek?? jangan langsung menduga kualitas aki yang digunakan tidak baik, bisa saja pendeknya umur aki justru akibat kurang pedulinya pengguna sendiri.

Berikut beberapa penyebab umur aki berkurang :

1. Badan aki dibiarkan kotor dan berdebu
Memang tidak ada salahnya, hanya mengganggu penampilan. Tapi karena kotor kita jadi sulit melihat kondisi air aki dari luar. Jangan-jangan sudah berada di lower level tapi tidak terpantau.

2. Pengisian alternator ( dinamo ampere ) kurang
Akibat fungsi alternator yang menyuplai listrik ke aki tidak bekerja maksimal. Jadi ketika mobil dihidupkan, arus listrik tidak cukup. Selain itu bisa akibat kabel terminal aki yang kotor atau kendor.

3. Air aki mendidih ketika kendaraan dipakai dalam jangka waktu lama
Hal ini akibat aki kelebihan arus listrik. Bisa terjadi karena voltage regulator, atau lebih tenar dengan sebutan IC regulator dalam alternator sudah rusak. Sehingga tetap memasok arus listrik ke aki walau arus di aki masih penuh. Efek ini kadang dibarengi badan aki yang menggelembung.

4. Badan aki memiliki suhu sangat panas ( tidak lazim )
Coba tengok ruang mesin. Apakah mesin mobil sudah dimodifikasi ekstrim? modifikasi ekstrim dan dipakai harian akan maningkatkan suhu ruang mesin

5. Cairan aki kurang baik
Begitu banyak air aki botol biru yang beredar. Biar aman beli di SPBU atau toko yang menjual aki seperti SHOP AND DRIVE :)

Untuk point nomor 2 dan 3, kami di Shop And Drive melayani cek aki GRATIS. Meliputi penambahan air aki, kebersihan terminal, kekencangan juga pengisian dinamo ampere ( alternator )


HUBUNGI KAMI!!! Kami antar, pasang dan cek sistem kelistrikan GRATISSS!!!

( 0411 ) 428 256         atau call center di   (kode area) 5000-15

SMS/WHATSAPP : 081 7044 9936 / 0856 4963 6896
PIN BBM : 521A0C07 atau 5506A2A4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar