Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Kamis, 07 Mei 2015

Mengapa Aki MF Tetap Perlu Melakukan Pengecekan Rutin...??

Mengapa Aki MF Tetap Perlu Melakukan Pengecekan Rutin


Berikut ini adalah informasi tentang perbedaan Aki Maintenence Free (MF) dengan Aki Kering (Sealed), agar masyarakat tidak bingung membedakannya. Kami juga akan menjelaskan mengapa Aki MF tetap perlu melakukan cek Aki secara rutin.

Aki Maintenence Free (MF) vs Aki Kering (Sealed)

Sekilas tentang Aki MF
Perawatan aki sering diartikan sebagai rutinitas pengecekan terhadap kondisi air aki. Aktifitas memeriksa dan menambah cairan aki menjadi aktifitas setiap bulan terutama pada jenis aki konvensional. Untuk Aki MF tidak demikian. Wajar,kalau aki ini juga dikenal aki maintenence free alias bebas perawatan.

Sering terjadi salah kaprah antara aki kering (Sealed) dan aki Maintenence Free (MF)
Aki MF bukan aki kering. Aki MF berisi cairan elektrolit yang sama persis dengan aki basah.Hanya saja kemasannya dibuat tertutup dengan teknologi yang membuat sirkulasi dari kinerja elektrolit bisa bekerja optimal dan minim penguapan.Sedangkan untuk aki kering (Sealed),teknologi yang ada dikemasannya sama,hanya saja Aki Gealed menggunakan cairan Gel (Kental) di dalamnya.Perbedaan antara aki MF dengan Aki Sealed cukup besar. Aki Sealed jauh lebih mahal dibanding Aki MF.

Meangapa Aki Maintenence Free (MF) Tetap Memerlukan Pengecekan Rutin Setiap 3 bulan?

Aki Maintenece Free (MF) bukan berarti anda terbebas dari rutinitas pengecekan rutin.

Kondisi "stop and go" di kemacetan,kondisi ekstrim di sekeliling aki serta iklim panas khas negara khatulistiwa,membuat kinerja aki MF kian ekstra.Hal ini mengakibatkan suhu mesin dan sekitarnya juga meningkat dan berpengaruh pada usia kerja aki itu sendiri.

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pengecekan rutin aki MF:
1. Memeriksa indikator serta kebersihan kutub aki. Meski tidak serutin konvensional (Premium) ataupun Hybrid,sekedar melihat performa secara fisik  menjadi hal yang wajar.
2. Memeriksa kabel battery/aki terikat dengan erat. Memastikan kabel-kabel tersebut agar tetap ketat dan tidak bergerak untuk mengantisipasi goncangan saat mobil melintasi jalan yang kurang rata.
3. Pengecekan kelistrikan yang meliputi:
 - Tegangan arus (voltage) saat tanpa beban dan beban penuh,
 - sistem pengisian,
 - sistem dinamo starter,
 - kebocoran arus.

Beberapa tips dan wawasan yang perlu diperhatikan kepada pelanggan sehubungan dengan maintenence aki:

1. Upayakan sebelum pemilik mematikan mobil,matikan terlebih dahulu komponen-komponen kelistrikan seperti lampu luar,AC,radio/tape,CD,charger handphone,dan sebagainya.

2. Copot terminal negatif pada aki jika pemilik berniat untuk tidak menggunakan mobil dalam waktu yang cukup lama.Lalu upayakan untuk mengikat kepala aki dengan kain agar terminal negatif itu tidak berhubungan dengan body mobil.


SUMBER : www.shopanddrive.com 




HUBUNGI KAMI!!! Kami antar, pasang dan cek sistem kelistrikan GRATISSS!!!

( 0411 ) 428 256         atau call center di   (kode area) 5000-15

SMS/WHATSAPP : 081 7044 9936 / 0856 4963 6896
PIN BBM : 521A0C07 atau 5506A2A4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar