Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Selasa, 19 Mei 2015

10 Barang yang Harus Selalu Ada di Mobil Anda

Berharap yang terbaik, namun bersiap juga menghadapi kemungkinan terburuk. Mungkin itulah salah satu dasar pemikiran bagi para pemilik mobil untuk selalu menyiapkan beberapa alat yang penting dalam mobil mereka.

Walau Anda merasa sangat yakin bahwa tak akan terjadi hal-hal buruk pada mobil Anda, namun musibah terkadang datang tanpa diduga, bukan? Nah, berikut ini beberapa alat yang perlu ada dalam mobil Anda, demi kelancaran saat perjalanan.

10. Meteran Ban
Semenit waktu Anda tiap minggu, bisa menghindarkan hal-hal yang tak mengenakkan yang mungkin akan Anda hadapi selama berkendara. Tiap bagian dari ban mobil Anda yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, sangat menentukan keselamatan perjalanan Anda.

Pantau selalu tekanan angin dalam ban Anda agar selalu sesuai dengan muatan yang dibawa oleh mobil Anda. Ban yang kurang atau kelebihan tekanan angin akan membahayakan laju mobil Anda.

9. Oli Mesin
Oli mesin bisa berkurang dikarenakan beberapa hal, di antaranya servis yang kurang rutin, 'jam terbang' mobil yang tinggi, serta kebocoran 'oil pan' yang menyebabkan oli merembes. Oleh karenanya, membawa oli mesin tambahan adalah langkah antisipasi yang tepat agar bisa menambahkan oli sewaktu-waktu. Sehingga mobil Anda pun terhindar dari kerusakan yang fatal.

8. Charger Ponsel
Beberapa model mobil terbaru dilengkapi wadah untuk ponsel dan juga slot untuk mengisi baterai ponsel (charger), sebagai fitur standar. Hal itu sangat berguna jika ponsel Anda kehabisan baterai dalam perjalanan, di saat Anda sangat memerlukan alat komunikasi.

7. Senter
Beruntunglah jika Anda memiliki ponsel yang dilengkapi fitur senter. Namun jika tidak, maka Anda perlu membawa senter jika sewaktu-waktu Anda perlu mencari sesuatu di dalam kolong bangku, bagasi atau dalam ruang mesin mobil Anda.

6. Pompa dan Dongkrak
Dua alat ini adalah keharusan bagi tiap pengemudi untuk selalu membawanya. Bayangkan saja jika Anda tak membawa dongkrak, padahal Anda harus mengganti ban yang bocor di jalanan yang jauh dari keramaian kota.

5. Kabel Booster
Kabel ini diperlukan sebagai 'jumper' ke aki lain, jika aki kendaraan Anda 'soak' atau kurang power. Terutama saat start mesin.


4. GPS dan Peta
Nah, kalo kedua alat ini memang terlihat jelas fungsinya, yakni sebagai penunjuk arah biar Anda tak tersesat dalam perjalanan.

3. Obat-obatan
Seperti halnya di suatu tempat, di dalam mobil pun sangat perlu obat-obatan sebagai pertolongan pertama jika penumpang mobil membutuhkannya. Setidaknya hingga menemukan rumah sakit atau balai pengobatan terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

2. Makanan dan Minuman
Makanan kecil dan minuman sangat penting jika perut terasa lapar, saat Anda dalam perjalanan. Namun ingat, konsumsi secukupnya saja agar tak membawa dampak seperti mengantuk, mual, sakit perut ataupun muntah. Minuman pun juga sangat penting untuk dibawa, agar tubuh tak mengalami dehidrasi selama perjalanan. Karena hawa panas dalam mobil seringkali bisa menyebabkan penumpang kekurangan cairan.

Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan, jangan sampai remah-remah makanan ataupun minuman tertumpah di dalam mobil. Hal itu bisa mengundang serangga ataupun bau tak sedap dalam mobil. Segera bersihkan jika memang makanan ataupun minuman tak sengaja tumpah.

1. Informasi Asuransi
Perlu dibawa bukti keikutsertaan asuransi, agar jika hal buruk terjadi di jalan, seperti kecelakaan misalnya, Anda bisa segera menghubungi pihak asuransi Anda agar masalah Anda bisa segera teratasi.


Sumber: otosia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar