Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Sabtu, 23 Mei 2015

Mengenal Jenis Dongkrak Mobil


Mengenal Jenis Dongkrak Mobil


Dongkrak mobil merupakan salah satu piranti yang wajib dibawa di dalam kendaraan roda 4 atau lebih. Dengan mengenal jenis dongkrak mobil, kita dapat menentukan jenis dongkrak mobil mana yang sebaiknya kita gunakan. Sehingga dongkrak tersebut dapat membantu pengemudi dan bukannya merepotkan karena jenisnya yang tidak tepat.

Jenis dongkrak mobil umumnya ada 3 jenis yang masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Kita harus mengenalnya untuk mendapatkan dongkrak mobil yang paling sesuai.

Dongkrak Gunting
Dongkrak gunting sering disebut juga dengan dongkrak ketupat atau dongkrak jembatan atau Scissor Jack. Pemberian nama tersebut karena bentuknya mirip ketupat saat terbuka, mirip struktur jembatan dan membuka atau menutupnya seperti gerakan gunting. Dongkrak ini sudah tersedia di mobil saat anda membeli mobil sebagai bagian dari perlengkapan standar mobil.

Untuk menghasilkan daya angkat, pengguna memutar poros ulir dengan bantuan tongkat engkol. Putaran tersebut yang akan menghasilkan daya angkat. Untuk menaikkan, cukup memutar poros searah jarum jam dan untuk menurunkan, putar ke arah sebaliknya.

Keunggulannya murah, perawatan mudah, resiko rusak kecil dan dimensi kecil. Kekurangannya adalah perlu tenaga untuk memutar porosnya dan posisi untuk memutarnya tidak nyaman. Tetapi beberapa modifikator memanfaatkan energi listrik untuk menggerakan poros ulir tersebut.

Dongkrak Botol
Dongkrak botol sering disebut juga Bottle Jack. Disebut dongkrak botol karena bentuknya seperti botol. Dongkrak ini memanfaatkan sistem hidrolis untuk mengangkat beban.

Untuk mengangkat beban kita cukup memompa menggunakan tuas yang tersedia dan sistem hidrolis akan mengangkat beban di atasnya. Dan untuk menurunkan hanya perlu membuka katup dongkrak pada bagian bawah sehingga tekanan akan hilang dan dongkrak akan turun secara perlahan.

Keunggulannya lebih ringan saat menggunakannya karena terbantu oleh sistem hidrolis, selain itu dimensinya juga kecil. Kekurangannya sedikit lebih mahal dibanding dongkrak gunting dan berpotensi rusak akibat kebocoran pada sistem hidrolis.

Dongkrak buaya
Dongkrak buaya sering disebut juga Crocodile Jack. Dongkrak ini disebut dongkrak buaya karena gerakan naik dan turunnya lengan angkat mirip dengan gerakan membuka dan menutupnya mulut buaya.

Daya angkat dongkrak memanfaatkan sistem hidrolis seperti dongkrak botol, hanya sistem hidrolis disini digunakan untuk menggerakan lengan angkat untuk mengangkat beban.

Keunggulannya lebih ringan untuk digunakan, lebih ergonomis saat menggunakan dan mudah untuk dipindah-pindahkan karena ada 4 roda dibagian bawahnya. Kekurangannya adalah mahal, dimensi yang sangat besar sehingga tidak memungkinkan untuk dibawa ke dalam mobil dan berpotensi rusak akibat kebocoran pada sistem hidrolis.

Dengan mengetahui keunggulan dan kekurangan dongkrak mobil diatas, silahkan dipilih jenis dongkrak mobil mana yang akan digunakan saat di rumah dan saat di mobil.


Sumber: selamatberkendara.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar