Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Sabtu, 23 Mei 2015

5 Cara Agar Tak Lupa Posisi Parkir Kendaraan

5 Cara Agar Tak Lupa Posisi Parkir Kendaraan



Tak sedikit dari kita yang pernah mengalami kejadian lupa posisi mobil di area parkir. Kejadian seperti ini umumnya terjadi di pusat perbelanjaan atau perkantoran dengan area parkir bertingkat-tingkat. Agar tidak membuang-buang waktu dan mempermudah menemukan lokasi mobil yang diparkir, berikut lima cara yang dapat Anda terapkan.

1. Jika memungkinkan carilah lokasi parkir yang berada di pelataran pusat perbelanjaan atau perkantoran. Posisi parkir di pelataran ini lebih mudah diingat meskipun lokasinya seringkali jauh dari pintu masuk atau lobi.

2. Pilih lokasi parkir di tempat yang strategis dan mudah terlihat, misalnya dekat loket tiket atau pintu masuk. Hindari memarkir di dekat jalur lalu-lalang troli belanja atau area bongkar-muat agar bodi mobil tidak tergores atau baret tersenggol troli atau tertimpa barang.

3. Kenali kode atau nomor area parkir terutama jika parkir di gedung bertingkat atau parkir bawah tanan. Ingat baik-baik, bila perlu hafalkan atau catat kode dan nomor area parkir di dekat mobil, contoh P-3 15, sebelum meninggalkan area parkir. Bisa juga dengan mengingat zona warna sebagai tanda lokasi parkir, misalkkan zona kuning P-13. Jika lokasi parkir juga memiliki beberapa gedung dan membedakan area parkir berdasarkan gedungnya maka Anda juga perlu mengingat nama gedungnya, misalkan gedung A P-18.

4. Jika area parkir tidak dilengkapi kode atau nomor identifikasi, tanyakan kepada petugas penjaga mengenai posisi keberadaan mobil sebelum meninggalkan lokasi. Ingat-ingat atau catat informasi tersebut.

5. Manfaatkan ponsel untuk membantu mengingat lokasi parkir. Gunakan fitur kamera untuk memfoto lokasi parkir mobil atau catat kode dan nomor area parkir di fitur notes/catatan, sebelum meninggalkan tempat parkir. Hal ini dapat membantu jika Anda lupa mengingat kode atau nomor area parkir. Anda juga dapat mengirimkan foto atau catatan lokasi parkir ke teman atau keluarga yang pergi bersama Anda untuk membantu mengingat.

Cara lainnya;
Gunakan fasilitas valet parkir yang telah di sediakan di loby mall apabila baru kali pertama berkunjung di mall ataupun tidak mau repot dan bersusah payah mencari parkir yang kosong. Terutama saat weekend tentu pengunjung mall akan bertambah dan semakin penuh juga tempat parkir yang di sediakan oleh pengelola mall. Tetapi saat menggunakan valet parking jangan meninggalkan barang berharga di dalam mobil untuk menghindari kehilangan barang barang yang ada di dalam mobil.


Sumber: astraworld.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar