Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Sabtu, 23 Mei 2015

Inilah Penyebab Kebakaran Mobil

Inilah Penyebab Kebakaran Mobil


Banyaknya kejadian kebakaran yang terjadi pada mobil membuat PT Astra Daihatsu Motor berinisiatif berbagi ilmu kepada para jurnalis untuk pencegahan kebakaran kendaraan.
 Daihatsu: Inilah Penyebab Kebakaran Mobil
Kejadian tragis terakhir yang paling diingat oleh masyarakat ialah kecelakaan Paul Walker, aktor dalam film Fast to Furious. Dia bersama rekannya mengalami kecelakaan dan terbakar saat mengendarai supercar di California, Amerika Serikat.

Aji Prima, Instruktur Service Training Department ADM mengatakan ada banyak faktor yang menimbulkan kebakaran pada kendaraan baik itu datang dari internal ataupun eksternal. Adapun unsur pembentuk dari api ada tiga: oksigen, panas, dan bahan bakar.

“Jika ketiga unsur pembentuk api bergabung pada sebuah kendaraan, yang di dalamnya terdapat berbagai jenis sumber panas atau api dan berbagai bahan yang mudah terbakar.”
Unsur pemicu api pada kendaraan meliputi unsur internal antara lain hubungan arus pendek. Hubungan arus pendek adalah sebuah hubungan listrik dengan tahanan listrik yang sangat kecil sehingga arus listrik sangat besar akan mengalir.

“Adapun unsur pemicu api ini juga disebabkan kabel digigit tikus, kabel terjepit atau isolator robek, penyambungan tanpa isolator, penyambungan salah, serta protector (pelindung) kabel rusak karena panas,” tegas Aji.

Penggunaan kabel yang tidak sesuai ternyata dapat menimbulkan panas.  Hal ini menjadi salah satu efek yang dibangkitkan oleh aliran listrik, saat sejumlah arus melewati sebuah konduktor maka sejumlah panas akan dihasilkan.

“Adapun unsur pemicu kebakaran ini juga diakibatkan oleh kabel meleleh yang kelebihan arus dan beban, pemasangan subwoofer daya besar namun menggunakan kabel kecil. Pemasangan kabel tidak standar (termasuk modifikasi), penggunaan soket kabel longgar, gesekan dua buah benda padat, panas manifold, serta adanya loncatan percikan api, menjadi pemicu kebakaran.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar