Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Kamis, 07 Mei 2015

TIPS & TRIK ; Cara Jumper Aki Mobil Yang Mogok

TIPS & TRIK ; Cara Jumper Aki Mobil Yang Mogok


Mogok ditengah jalan?? Jumper aki merupakan salah satu jalan keluar yang paling sering dipakai. Terlihat mudah dan sederhana, namun tetap harus memperhatikan kaidah-kaidah yang ada supaya terhindar dari bahaya. Baik itu dari mobil, kelistrikan mobil dan juga orang yang mengerjakannya.


Berikut langkah-langkah yang aman untuk menjumper aki :

1. Posisikan kedua mobil dengan baik dan benar, jangan menghalangi jalan. Tempatkan mobil supaya kedua aki bisa berada berdekatan










2. Bersihkan kutub positif dan negatif aki yang lemah









3. Hubungkan penjepit kabel jumper berwarna merah ke kutub positif. Baik pada mobil yang memiliki aki sehat maupun lemah.
Kemudian pasang penjepit kabel berwarna hitam pada kutub negatif. Terserah mau dipasang di yang sehat dulu apa yang lemah dulu, tidak masalah. Yang harus diperhatikan dalam menghubungkan arus listrik DC yang aman ( mobil ) adalah yang positif dulu kemudian negatif.













4. Start dahulu mobil yang ber-aki sehat. Biarkan beberapa saat









5. Sekarang coba starter mobil yang ber-aki lemah.

6. Setelah berhasil, lepaskan kabel jumper. Dahulukan kabel jumper pada kutub negatif ( hitam ) lalu disusul kabel jumper pada kutub positif ( merah )

*note :
Lepas kabel jumper warna hitam di mobil 1 kemudian lepas juga kabel jumper warna hitam di mobil 2. Lakukan hal yang sama pada kabel jumper warna merah.














7. Pada mesin yang sudah bisa dihidupkan ( aki lemah ), biarkan beberapa saat supaya terjadi proses pengisian




SUMBER : www.shopanddrive.com , aki-gs-astra.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar