Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Rabu, 26 Maret 2014

Contoh Soal dan Jawaban Tes Karakteristik Pribadi (TKP)


Berikut adalah contoh soal beserta jawaban dan pembahasannya yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.. hehe
*jika ada kesalahan mohon koreksinya, saya juga sedang belajar...semoga bisa lolos, dan jadi PNS yang baik ehehehe :)

  1. Kondisi kerja  di organisasi yang paling saya harapkan adalah kondisi yang .....Memberi kesempatan kepada saya untuk beraktualisasi diri
  2. Dalam melaksanakan suatu tugas yang dipercayakan kepada saya, saya...Menyadari  bahwa  keputusan  pimpinan diperlukan diluar wewenang saya
  3. Organisasi  sedang  mengalami  permasalahan  internal  seputar  manajemen keuangan. Pendapat saya terhadap kondisi ini adalah ...Perlu membeberkan permasalahan kepada seluruh jajaran organisasi
  4. Menurut saya, jika sepuluh tahun setelah saya diangkat sebagai PNS, saya akan menjadi ...Pejabat struktural atau tenaga fungsional yang profesional dalam bidangnya
  5. Saya ditawarkan oleh guru untuk melanjutkan studi di provinsi lain atas biaya Dinas Pendidikan Kabupaten tempat tinggal saya. Saat ini saya baru saja mendapat musibah kedua orang tua meninggal, saya bersama adik berdua sehingga tidak dapat meninggalkan tempat ... Menerima tawaran tersebut dengan konsekuensi mengikutkan keluarga karena merupakan tanggung jawab saya
  6. Menurut saya, bekerja merupakan upaya untuk meraih keseksesan. Untuk itu upaya saya adalah.....Bekerja dengan cermat dan berusaha menjadi terbaik dan diakui
  7. Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Anggota tim kerja memperlihatkan sikap tidak peduli dengan tugas yang diemban. Sikap saya adalah....Membagi tugas secara adil dan memotivasi anggota untuk menyelesaikannya
  8. Salah seorang rekan kerja saya mendapat promosi sedangkan menurut penilaian saya, kemampuannya tidak lebih baik dari saya. Respon saya adalah ....Bekerja lebih giat dan menunjukkan kinerja terbaik saya
  9. Dalam rapat anggota dan pimpinan, pendapat saya dikritik keras oleh peserta rapat lainnya. Respon saya adalah ...Menerima kritikan tersebut sebagai masukan
  10. Saya mendapat teguran langsung dari pimpinan atas kesalahan yang bukan hanya saya seorang diri sebagai pelakunya. Reaksi saya adalah ...Menerima teguran tersebut dan mecoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga tanpa perlu mengadukan angggota lain yang turut bersalah
disini ga ada benar salah ga kayak TWK dan TIU,disini kita cuma ada yang lebih baik, semua jawaban ada poinnya :)
jadi ya terserah nurani masing2 aja ;)

untuk contoh soal yang lain bisa dilihat disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar