Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Sabtu, 09 Juni 2012

Metode Abjad dalam Pembelajaran Calistung pada Program Pemberantasan Buta Aksara


METODE ABJAD (Alphabetic Method)
            Metode ini disebut juga metode sintetis karena mempelajari aksara dengan cara merangkai huruf-huruf yang dilafalkan dalam abjad. Langkah-langkah yang bias dilakukan oleh Tutur dalam membelajarkan calistung kepada warga belajar dengan metode abjad sebagai berikut :

  •      Tutor mengenalkan bentuk dan bunyi huruf abjad  (A sampai Z) satu persatu.

          Aa       Bb       Cc        Dd       Ee        Ff        Gg
          Hh       Ii          Jj          Kk       Ll         Mm      Nn      
          Oo       Pp        Qq       Rr        Ss        Tt         Uu      
           Vv       Ww     Xx       Yy       Zz
Pada setiap pertemuan belajar, tutor dapat mengenalkan satu persatu dari semua huruf (26 huruf) atau   beberapa huruf saja, sesuai ketersediaan waktu belajar dan karakteristik warga belajar.      
            Untuk mengenalkan huruf, tutor dapat menuliskan huruf-huruf tersebut pada papan tulis, halaman rumah atau pada kertas lear yang ada. Cara lain tutor dapat membuat kartu-kartu huruf. Setiap kartu huruf dituliskan satu huruf tertentu sja, sehingga minimal terdapat 26 kartu.
            Jika menggunakan kartu huruf, tutor dapat mengajak warga belajar bermain kartu huruf  tersebut, sehingga setiap warga belajar kenal betul pada huruf-huruf tersebut. 

  •    Tutor melafalkan setiap yang telah dikenalkan tadi satu persatu, kemudian warga mengikuti melafalkannya. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang sehingga setiap warga belajar mengenal dan mampu melafalkan huruf-huruf tersebut dengan benar.
  • Setelah warag belajar kenal dan mampu melafalkan beberapa huruf atau semua huruf (26 huruf). Tutor dapat merangkai huruf-huruf tersebut sehingga membentu suku kata. 


     Usahakan suku kata yang dibentuk adalah suku kata yang mudah membentuk kata yang terdiri dari maksimal empat (4) huruf atau dua suku kata. 


            Sa - ya
           Ma – ta
          Da – gu
          Da - da
 

Ba – tu
Ta – ni
Ka – ki
Ko - pi








                        








Kemudian tutor meminta warag belajar membacakan suku kata atau kata-kata tersebut secara berulang-ulang, sehingga warga belajar kenal betul dan mampu melafalkan suku-suku kata tersebut. 

  • Setelah yakin, warag belajar mampu membaca suku-suku kata, maka tutor melanjutkan membelajarkan warag belajar tentang membaca kata dan kalimat, dengan merangkai suku kata menjadi kata. Kemudian kata tersebut dibacakan oleh tutor , selanjutnya diikuti oleh warag belajar secara berulang-ulang. 
  •            Warga belajar diminta menyalin kata-kata berikut dalam bukunya masing-masing :




           Sa - ya
            Ma – ta
            Da – gu
              Da - da
     

    Ba – tu
    Ta – ni
    Ka – ki
    Ko - pi

     








  •           Warga belajar diminta menghitung kata-kata berikut :


      Sa - ya
         Ma – ta
         Da – gu
       Da - da
 


     Ba – tu
Ta – ni
Ka – ki
Ko - pi

 



Huruf Vokal :
            A         = 10
            I           = 3
            U         =  2
            O         = 1
Jumlah             = 16

Huruf Konsonan :
S          = 1
Y         = 1
M         = 1
T          = 3
D         = 2
B         = 1
N         = 1
K         = 2
P          = 1
 Jumlah          = 13




DAFTAR PUSTAKA

Lab. Prodi PLS FKIP UNIB. 2007. Metode Pembelajaran Calistung pada Program Pemberantasan Buta Aksara. Bengkulu : Lab. Prodi PLS 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar