Bahan Ajar SMK Teknik Mekanik Otomotif

Tehnik Kendaran Ringan

Jumat, 14 Desember 2012

PENGERTIAN BIMBINGAN KARIER


Pengertian Bimbingan Karier.
Menurut Winkel (2005:114) bimbingan karir adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, dalam memilih lapangan kerja atau jabatan /profesi tertentu serta membekali diri supaya siap memangku jabatan itu, dan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari lapanan pekerjaan yang dimasuki. Bimbingan karir juga dapat dipakai sebagai sarana pemenuhan kebutuhan perkembangan peserta didik yang harus dilihat sebagai bagaian integral dari program pendidikan yang diintegrasikan dalam setiap pengalaman belajar bidang studi.
Bimbingan karir adalah suatu proses bantuan, layanan dan pendekatan terhadap individu (siswa/remaja), agar individu yang bersangkutan dapat mengenal dirinya, memahami dirinya, dan mengenal dunia kerja merencankan masa depan dengan bentuk kehidupan yang diharapkan untuk menentukan pilihan dan mengambil suatu keputusan bahwa keputusannya tersebut adalah paling tepat sesuai dengan keadaan dirinya dihubungkan dengan persyaratan-persyaratan dan tunutan pekerjaan / karir yang dipilihnya (Ruslan A.Gani : 11)
Menurut Herr bimbingan karir adalah  suatu perangkat, lebih tepatnya suatu program yang sistematik, proses, teknik, atau layanan yang dimaksudkan untuk membantu individu memahami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan pengenalan kesempatan-kesempatan dalam pekerjaan, pendidikan, dan waktu luang, serta mengembangkan ketrampilan-ketrampilan mengambil keputusan sehingga yang bersangkutan dapat menciptakan dan mengelola perkembangan karirnya (Marsudi, 2003:113).
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa bimbingan karir adalah suatu upaya bantuan terhadap peserta didik agar dapat mengenal dan memahami dirinya, mengenal dunia kerjanya, mengembangkan masa depan sesuai dengan bentuk kehidupan yang diharapkannya, mampu menentukan dan mengambil keputusan secara tepat dan bertanggungjawab.
Menurut Veron G. Zunker,
Career refers to the activities associated with an individual’s lifetime of work (karier menunjukan pada aktifitas yang dihubungkan dengan pekerjaan yang mewarnai kehidupan seseorang). 'Career guidance refers to services and activities intended to assist individuals of any age and at any point throughout their lives, to make educational, training and occupational choices and to manage their careers. Such services may be found in schools, universities and colleges, in training institutions, in public employment services, in the workplace, in the voluntary or community sector and in the private sector. The activities may take place on an individual or group basis and may be face-face or at a distance (including help lines and web based services). They include career information provision (in print, ICT-based and other forms), assessment and self-assessment tools, counselling interviews, career education programmes (to help individuals develop their self awareness, opportunity awareness, and career management skills), taster programmes (to sample options before choosing them), work search programmes, and transition services.'
Bimbingan Karir mengacu pada layanan dan kegiatan dimaksudkan untuk membantu individu-individu dari segala usia dan pada setiap titik sepanjang hidup mereka, untuk membuat pilihan pendidikan, pelatihan dan kerja dan untuk mengelola karir mereka. Layanan ini dapat ditemukan di sekolah-sekolah, universitas dan perguruan tinggi, di lembaga-lembaga pelatihan, layanan ketenagakerjaan publik, di tempat kerja, di sektor sukarela atau komunitas dan sektor swasta. Kegiatan dapat dilakukan secara individual atau kelompok dan mungkin wajah-wajah atau pada jarak (termasuk garis bantu dan layanan berbasis web). Mereka termasuk karir penyediaan informasi (di media cetak, berbasis ICT dan bentuk lain), penilaian dan penilaian diri alat, wawancara konseling, program karir pendidikan (untuk membantu individu mengembangkan kesadaran diri mereka, kesadaran kesempatan, dan keterampilan manajemen karir), pengecap program (untuk sampel pilihan sebelum memilih mereka), program kerja pencarian, dan layanan transisi. "
Dalam buku Bimbingan Karier dijelaskan : Bimbingan Karir adalah proses pemberian bantuan kepada siswa dalam memahami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan mengenal kesempatan kerja, mampu mengambil keputusan sehingga yang bersankutan dapat mengelola pengembangan kariernya”. (Manrihu, 1988 : 18).


Lembaga Pendidikan Luar Sekolah :
1.      Lembaga Kursus dan Pelatihan serta bentuk lainnya yang sejenis menyelenggarakan pendidikan bagi warga masyarakat untuk memperoleh keterampilan kecakapan hidup, mempersiapkan diri untuk bekarja.
2.      Kelompok belajar dan bentuk lain yang sejenis dapat menyelenggarakan pendidikan bagi warga masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan ketermpilan dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.
3.      Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dapat menyelenggarakan pendidikan bagi warga masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan kecakapan hidup mengembangkan sikap dan kepribadian professional dan untuk mempersiapkan diri untuk berusaha mandiri.
4.      Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  berbentuk kelompok bermain, taman penitipan anak, dan satuan PAUD sejenis. Bertujuan untuk mempersiapkan anak dalam memasuki sekolah dasar.
5.      Program pendidikan kepemudaan yang berfungsi mengembangkan potensi pemuda dengan penekanan pada penguatan nilai keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia, penguatan wawasan kebanggaan dan cinta tanah air, penumbuh kembangan etika, kepribadian dan estetika.
6.      Program pendidikan pemberdayaan perempuan berfungsi untuk meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui peningkatan keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia, penguatan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.
7.      Pendidikan keaksaraan merupakan pendidikan bagi warga masyarakat yang buta aksara latin agar mereka dapat membaca, menulis, berhitung, berbahasa Indonesia dan berpengetahuan dasar.
8.      Pendidikan kesetaraan merupakan program yang menyelengarakan pendidikan umum setara SD/MI, SMP/MTs. Dan SMA / MA yang mencakup program paket A, Paket B, dan paket C.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar