Pada postingan kali ini saya akan membagikan ebook dalam bentuk teks yang langsung saya pastekan ke artikel blog ini. Pembuat ebook adalah kalau tidak salah om yudawa suseno master/mastah adsense yang ada di grup Google Adsense Indonesia. Saya hanya menuliskan kembali apa yang telah di buat om yudawa suseno. Dan yang pastinya saya menjaga nama baik pembuat ebook dan tidak ingin mengakui ini ebook saya karena bukan saya yang buat. Sekali lagi saya jelaskan yang buat ebook ini adalah yudawa suseno anggota grup Google Adsense Indonesia dan saya juga anggota grup Google Adsense Indonesia tetapi saya hanya membagikan ebook saja bagi yang membutuhkan.
Adsensenizer 1
Istilah Dan Variabel Performance Reports Google Adsense
Akhirnya saya buat e-book lagi, biasanya saya buat ebook ga jauh2x dari hobby keseharian. Namanya juga ebook gratisan ga ada nilai jual, tapi yang pasti akan banyak nilai manfaat bagi yang membacanya.
Dalam ebook yang saya beri nama “Adsensenizer” ini (gataw artinya apa, Cuma keren aja kayanya…kqkqkq) saya akan mencoba mengajak pada adsenser, terutama adsenser pemula untuk mengetahui dan mengenal adsense lebih dalam terutama dalam hal Istilah dan Varibel dalam Google Adsense yang sering kita temui dalam Dashboard Adsense.
Hal yang akan dibahas dalam ebook ini mungkin sudah banyak yang mengerti, tapi kita akan coba menelaah lebih dalam lagi dari istilah dan variable yang ada didalam google Adsense. Tapi saya tidak akan menjabarkan tentang dashboard adsense, payment setting, payee profil, dsb karena itu sih tinggal liat google FAQ dah pasti ada jawabannya.
Didalam ebook ini saya akan membahas hal yang sering banget muncul jadi pertanyaan yang berulang2x di grup GAI :
1. Mengenal rumus universal dunia blogging/internet marketing
2. Mengenal Performance Reports
3. Apa itu Pageviews/Adsview di google Adsense?
4. Apa itu Clicks/adsclicks
5. Apa itu CTR (Click Through Ratio), dan Variabel dan Variabelnya
6. Apa itu CPC (Cost Per Clicks), dan Variabelnya
7. Apa itu Page RPM ?
8. Hal-hal terkait estimated earning, payable earning, payment in progress dan payment issued.
I. Mengenal Rumus Umum Blogging / Internet Marketing
Rumus umum di dunia blogging dan internet marketing sebenarnya super sangat simple, sering banget saya tulis ini.
Rumus umum di dunia blogging dan internet marketing sebenarnya super sangat simple, sering banget saya tulis ini.
VISITOR + ADS/Product = $$$$$$$$
Maksud dari rumus tersebut adalah, Visitor atau Pengunjung website jika ditambahkan variable Ads(iklan)/Product/branding/Marketing akan menghasilkan Dolang..$$$.
Semakin tinggi jumlah visitor, maka semakin besar kans untuk mendapatkan earning. Ads/Product disini bisa saja di isi dengan Adsense, Prollerads, dsb bisa PPC, PTC, CPA, dll. Kalau produk tentunya adalah yang focus pada bidang marketing atau juwalan produk, seperti website yang ditujukan untuk menjual produk seperti amazon, lazada, dsb. Bisa juga jika anda adalah pengusaha offline, dan ingin mengeruk pasar online maka menggunakan media blog/sites.
Anda punya Blog Visitor melimpah, ga dipasang Ads/Product = SIA SIA Anda punya blog cupu, dipasang Ads/Produk = CAPE HATI Anda punya blog cupu, ga dipasang Ads/Product = SADAR DIRI Anda ga punya blog, anda pasang Ads/Product ????? = MASIH NGIMPI Anda punya blog Visitor melimpah, anda pasang Ads/Product = KEREN !!!
It’s all about visitor, terserah situ mau main adwords, mao spamm link sana sini sampe orang muntah2x, mao menggunakan segala macam teori dan teknik SEO, bahkan sampe jadi orang kontroversial yang pintar dalam manajemen konflik (contohnya Jonru di FB, mesti pada taw kan).
II. Mengenal Performance Reports
Performance Reports adalah laporan performa Adsense. Melalui Performance Reports kita bisa melihat perkembangan akun adsene kita dari hari ke hari secara actual. Walaupun earning yang terlihat di dalam Performance Reports adalah masih Estimated Earning (akan dibahas lebih lanjut).
Performance Reports adalah laporan performa Adsense. Melalui Performance Reports kita bisa melihat perkembangan akun adsene kita dari hari ke hari secara actual. Walaupun earning yang terlihat di dalam Performance Reports adalah masih Estimated Earning (akan dibahas lebih lanjut).
Berikut adalah gambar screenshot dari Performance Reports
Gambar diatas adalah contoh laporan performance reports mingguan salah satu akun saya yang saya jadikan contoh. Disitu dapat terlihat istilah2x yang mungkin bukan hal yang sulit untuk dibaca dan diartikan bagi advanced adsenser. Tapi saya yakin masih banyak yang belum mengerti istilah-istilah diatas, maka mari kita telaah satu persatu.
Nanti didalam ebook ini juga akan diberikan in depth analysys mengenai istilah2x diatas, tentunya dengan bahasa pemula seperti saya ya.. ^^
- Date : tentu saja Date adalah tanggal, bukan kencan ataupun buah kurma (date dalam bahasa inggris berarti Kencan, Buah Kurma, Tanggal) :p
- PageViews/Adsview : ini adalah jumlah adsview atau iklan yang tampak di website kita dalam periode tertentu.
- Clicks/Adsclick : ini adalah jumlah ads yang terklik oleh visitor web kita pada periode tertentu. Adsclick adalah factor yang mempengaruhi CTR, selain daripada pageview.
- Page CTR : CTR adalah rasio antara pageviews dengan adsclick. Di misalkan terdapat 1000 pageview, dengan 10 adsclick, maka page CTR adalah (1000/10)*100%=1 %. Mengenai hal ini akan dibahas lebih mendalam dibawah.
- Page RPM : adalah “perkiraan” pendapatan adsense anda per 1000 pageviews, JIKA rasio nilai iklan (CPC) dan CTR konstan pada posisi seperti sekarang. Page RPM akan berubah mengikuti CPC dan CTR, dan ini sekali lagi hanyalah perkiraan, tidak berpengaruh terhadap earning kalian
- Estimated earning : adalah perkiraan pendapatan pada periode terkait. Ingat ini masih “Estimated Earning” jadi bukanlah pendapatan real atau asli. Pendapatan asli adalah Payable Earning/Finalized Earning yang biasanya akan muncul di dashboard awal Adsense setiap tanggal 1-2 setiap bulannya.
III. Mengenal Pageviews Adsense
Seperri kita telah ketahu diatas, pageview atau adsview adalah jumlah iklan yang tampil di website kita.
Seperri kita telah ketahu diatas, pageview atau adsview adalah jumlah iklan yang tampil di website kita.
Ada pertanyaan mungkin, mengapa jumlah pageview saya di google adsense lebih kecil jika dibandingkan versi analytic, blogger, histats, ataupun visitor counter lainnya?
Jawabannya adalah : ada suatu ketika di halaman tidak muncul ads, dikarenakan tidak ada keyword relevan terhadap web pages tersebut. Ada juga disebabkan oleh visitor yang menggunakan adblocker, dsb.
Jadi gunakan pageview di dashboard adsense sebagai patokan utama dalam menghitung perkiraan pendapatan kita, ataupun prospek tidaknya suatu sites. (Jika anda ingin menjadi adsenser).
IV. Clicks/Adsclicks
Clicks adalah jumlah iklan yang terklik oleh visitor sites kita. Tentu saja sebagai pemain PPC (Pay Per Click), hal ini adalah tujuan utama ketika membangun sebuah blog/sites. Jumlah Clicks dalam suatu blog dipengaruhi oleh beragam factor seperti template blog yang digunakan, gender dan usia visitor, dan banyak lagi faktor2x kecil lain yang mungkin tidak pernah kita pikirkan.
Clicks adalah jumlah iklan yang terklik oleh visitor sites kita. Tentu saja sebagai pemain PPC (Pay Per Click), hal ini adalah tujuan utama ketika membangun sebuah blog/sites. Jumlah Clicks dalam suatu blog dipengaruhi oleh beragam factor seperti template blog yang digunakan, gender dan usia visitor, dan banyak lagi faktor2x kecil lain yang mungkin tidak pernah kita pikirkan.
V. Mengenal CTR (Click Through Ratio)
CTR paling sering ya dibahas, kenapa CTR saya kecil, kenapa gede, kenapa begini kenapa begitu?
Paling banyak orang menyalahkan template dan ads placement ketika mendapatkan CTR yang kecil. Sebelum berjalan lebih jauh melihat dari sudut pandang yang tidak biasa, mari kita lihat rumus umum CTR
CTR paling sering ya dibahas, kenapa CTR saya kecil, kenapa gede, kenapa begini kenapa begitu?
Paling banyak orang menyalahkan template dan ads placement ketika mendapatkan CTR yang kecil. Sebelum berjalan lebih jauh melihat dari sudut pandang yang tidak biasa, mari kita lihat rumus umum CTR
CTR = Pageviews/Adsclick
CTR adalah hasil dari pembagian jumlah pageview dengan jumlah klik iklan. Yang berpengaruh terhadap pageview tentu saja adalah VISITOR, dan yang mempengaruhi adsclick ada banyak.
CTR adalah hasil dari pembagian jumlah pageview dengan jumlah klik iklan. Yang berpengaruh terhadap pageview tentu saja adalah VISITOR, dan yang mempengaruhi adsclick ada banyak.
Mari kita bahas satu persatu, jumlah iklan yang terklik atau adsclick dalam suatu sites tidak melulu hanya dipengaruhi oleh factor template dan penempatan iklan. Jika kita melangkah lebih jauh, banyak factor yang mempengaruhi adsclick. Terutama adalah behavior atau perilaku visitor sites kita, behavior atau perilaku itu dipengaruhi juga oleh gender (jenis kelamin), usia, tempat tinggal, dan tentu saja niche sesuai target visitor kita.
Kita coba bandingkan seperti ini, ada 1 blog isinya informasi tentang kesehatan Ibu dan anak (dari situ bisa dilihat targetnya mesti wanita, dewasa, melek internet), lalu ada blog lain yang isinya informasi mengenai tutorial membuat blog/template/adsense (targetnya tentu blogger, calon blogger, dkk), dan yang terakhir adalah situs yang isinya flash based game (targetnya tentu anak2x).
Dari ke 3 blog diatas, jika kita mengasumsikan memiliki visitor dan pageviews yang sama dengan template yang sama (atau menyesuaikan), menurut kalian mana yang paling banyak mendapatkan adsclick? Mungkin jawabannya akan berbeda ya, tapi kala saya pribadi akan memilih blog flash based game dengan target anak anak. Mengapa? Karena biasanya anak anak sering asal click, apalagi ketika niche kita game, ads yang muncul pun biasanya gaming ads.
Dari pemilihan Niche terkait gender dan usia tersebut kita dapat membuat kesimpulan bahwa adsclick yang nantinya akan berpengaruh terhadap CTR tidak hanya melulu dipengaruhi oleh template dan penempatan iklan kan.
VI. CPC (Cost Per Click)
Cost per Clicks adalah nilai iklan kita per clicks. Biasanya orang selalu mengasumsikan besar kecilnya CPC itu dari Niche. Tapi jawaban Niche saja adalah kurang, pemilihan Niche sendiri tidak akan terlepas dari geotargeting atau target visitor berdasarkan Negara/wilayah.
Maksudya apa? Begini.. secara tidak sadar ketika kita mengatakan bahwa blog berbahasa Inggris lebih menguntungkan dari blog berbahasa Indonesia sudah menunjukkan bahwa geotargeting atau target vistor berdasarkan wilayah adalah sangat penting. Berangkat dari situ, baru kita tentukan Niche yang cocok dengan asal visitor yang kita tuju.
Cost per Clicks adalah nilai iklan kita per clicks. Biasanya orang selalu mengasumsikan besar kecilnya CPC itu dari Niche. Tapi jawaban Niche saja adalah kurang, pemilihan Niche sendiri tidak akan terlepas dari geotargeting atau target visitor berdasarkan Negara/wilayah.
Maksudya apa? Begini.. secara tidak sadar ketika kita mengatakan bahwa blog berbahasa Inggris lebih menguntungkan dari blog berbahasa Indonesia sudah menunjukkan bahwa geotargeting atau target vistor berdasarkan wilayah adalah sangat penting. Berangkat dari situ, baru kita tentukan Niche yang cocok dengan asal visitor yang kita tuju.
Anda membangun blog/sites dengan high CPC berbahasa Inggris, tapi optimasinya hanya untuk pasar local a.k.a Indonesia, dan visitornya jg dari Indonesia, alhasil ads yang muncul sering tidak
akan relevan dengan niche utama blog kita. Karena ads yang muncul di sites kita lebih mengutamakan factor letak posisi visitor/geotargeting.
akan relevan dengan niche utama blog kita. Karena ads yang muncul di sites kita lebih mengutamakan factor letak posisi visitor/geotargeting.
Ga percaya??? Coba iseng login pakek proxy korea, Jepang, USA, atau Negara mana saja deh ke blog situ yang ada Adsensenya, cek Ads yang muncul.. apakah ada Ads Lazada, olx, dll (ads local Indonesia)? Biasanya ads yang muncul akan berubah menyesuaikan posisi dimana proxy yang anda pakai.
Hal ini menunjukkan Negara asal visitor lebih menentukan daripada sekedar Niche.
Jadi kalau mau CPC nya gede, ga perlu mikirin Niche yang mahal dsb. Lebih baik mikirin bagaimana supaya blog saya dikunjungi negara2x ber CPC besar..
Jadi kalau mau CPC nya gede, ga perlu mikirin Niche yang mahal dsb. Lebih baik mikirin bagaimana supaya blog saya dikunjungi negara2x ber CPC besar..
VII. Page RPM
Ini mah ga usah dipikiri, cm aksesoris doang. Kecuali Anda memiliki daily pageview yang banyak, maka bisa menghitung estimasi pendapatan ketika blog kita naik dan turun visitornya saja. Tidak berpengaruh ke earning.
Ini mah ga usah dipikiri, cm aksesoris doang. Kecuali Anda memiliki daily pageview yang banyak, maka bisa menghitung estimasi pendapatan ketika blog kita naik dan turun visitornya saja. Tidak berpengaruh ke earning.
VIII. Estimated earning dan Istilah lain
Estimated Earning : perkiraan pendapatan pada periode tertentu
PIN Adsense : buat verifikasi alamat, di generate oleh google setelah pendapatan anda 10USD. Dikirim via pos ke alamat masing-masing. PIN verify address hanya 1 kali.
Payable Earning : pendapatan yang akan diterima, biasanya payable earning/finalized earning akan muncul di tanggal 1-2 setiap bulannya.
Estimated Earning : perkiraan pendapatan pada periode tertentu
PIN Adsense : buat verifikasi alamat, di generate oleh google setelah pendapatan anda 10USD. Dikirim via pos ke alamat masing-masing. PIN verify address hanya 1 kali.
Payable Earning : pendapatan yang akan diterima, biasanya payable earning/finalized earning akan muncul di tanggal 1-2 setiap bulannya.
PIP : Payment in Progress atau Payable earning kita sudah di proses oleh google Ireland untuk dibayarkan. Biasanya PIP muncul pada tanggal 23-24. PIP akan muncul ketika payable earning kita sudah 100$++
PI : Payment Issued atau pembayaran kita sudah selesai di proses oleh google dan di PI tersebut kita dapat melihat Pengirim, Penerima, Jumlah Pembayaran, Kode MTCN (jika yang menggunakan Western Union sebagai media pembayaran). PI muncul setelah PIP.
Sekian ebook tentang Pembahasan Istilah dalam Performance Reports Google Adsense . Mohon maaf jikalau ada kekurangan2x disana sini, maklum saja saya ketik on the fly, lagi pengen nulis, langsung tulis.. 2 jam sampe kopi abis dan lupa kalo lom beli sarapan -_- .
Kalau ada saran atau masukan, silahkan.. mungkin kalo saya lagi kumat mood ngetiknya akan diperbaharui …kqkqkqkqk
SEMOGA BERGUNA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar